Integrity
Integrity merupakan aspek yang menjamin bahwa data tidak boleh berubah
tanpaijin pihak yang berwenang (authorized). Bisa juga disebut menjaga
keutuhansesuatu yang sudah ditetapkan sebelumnya. Secara teknis ada beberapa
carauntuk menjamin aspek integrity ini, seperi misalnya dengan
menggunakanmessage authentication code, hash function, digital signature.
Confidentiality
Confidentiality merupakan aspek yang menjamin kerahasiaan data atauinformasi.
Kerahasiaan ini dapat diimplementasikan dengan berbagai cara,
sepertimisalnya menggunakan teknologi kriptografi dengan melakukan proses
enkripsi(penyandian) pada transmisi data, pengolahan data (aplikasi dan
database), danpenyimpanan data (storage). Akses terhadap informasi juga harus
dilakukandengan melalui mekanisme otorisasi (authorization) yang ketat. Sebagai
contoh dari confidentiality adalah daftar pelanggan dari sebuah Internet
Service Provider (ISP). Jadi, data dari daftar pelanggan tersebut seperti
nama,alamat, nomor telephone dan data lainnya harus dilindungi agar tidak
tersebarpada pihak yang tidak seharusnya mendapatkan
informasi tersebut.
Avaliability
Availability merupakan aspek yang menjamin
bahwa data tersedia ketika dibutuhkan. Jadi, pada prinsipnya
ketersediaan data dan informasi yangmenyangkut
kebutuhan suatu kegiatan merupakan suatu keharusan untuk menjalankan
kegiatan tersebut. Jika avaliabillity data atau informasi yangdibutuhkan untuk
menjalankan suatu proses kegiatan tidak dapat dipenuhi, makaproses kegiatan
tersebut tidak akan terjadi atau terlaksana.
a. Privacy
Pada dasarnya, privacy ini sama dengan confidentiality. Namun, jika
confidentiality biasanya berhubungan dengan data-data perusahaan atau
organisasi, sedangkan privacy lebih ke arah data-data yang bersifat
pribadi.
Contoh hal
yang berhubungan dengan privacy adalah e-mail seorang pemakai tidak boleh
dibaca oleh administrator. Hal ini untuk menjamin privacy dariisi
e-mail tersebut, sehingga tidak bisa disalah gunakan oleh pihak lain.
Term & condition penggunaan TI
Term & condition penggunaan TI adalah aturan-aturan dan kondisi yang
harusditaati pada penggunaan teknologi informasi. Hal tersebut mencakup
integrity,privacy dan availability dari informasi yang terdapat dan dibutuhkan
didalamnya.
Kode Etik
Penggunaan Fasilitas Internet di Kantor
Kode etik penggunaan fasilitas internet di kantor hampir sama dengan kode
etik pengguna internet pada umumnya, hanya saja lebih dititik beratkan pada
hal-hal atauaktivitas yang berkaitan dengan masalah perkantoran di suatu
organisasi atau instansi. Contohnya :
·
Menghindari penggunaaan fasilitas
internet diluar keperluan kantor atau untuk kepentingan sendiri.
·
Tidak menggunakan internet untuk
mempublikasi atau bertukar informasi internalkantor kepada pihak luar
secara ilegal.
·
Tidak melakukan kegiatan pirating,
hacking atau cracking terhadap fasilitas internet kantor.
·
Mematuhi peraturan yang ditetapkan
oleh kantor dalam penggunaan fasilitas internet
sumber :
0 comments:
Post a Comment