Sebelum menginjak pada materi membahasan organsisasi, berikuti diuraikan
terlebih dahulu pengertian organisasi dan metode secara lengkap, terlebih
dahulu akan ditinjau secara sekilas arti dari kata organisasi dan metode.
Istilah organisasi dapat diartikan sebagai berikut:
Wadah : Sekelompok
manusia untuk saling bekerja sama.
Proses : Pengelompokan
manusia dalam suatu kerja sama yang efisien.
Sedangkan istilah metode
tersebut berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara
efisien. Pengertian Organisasi dan Metode secara lengkap adalah
Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukanuntuk menibgkatkan kegunaan
segala sumber dan factor yang menentukan bagi berhasilnya proses Manajemen
terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokasi
dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
Dari pengertian
tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :
- Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
- Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen
- Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
- Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.
Organisasi adalalah sekumpulan orang yang bekerja sama yang mempunyai
tujuan yang sama dan mempunyai manajemen.dan setiap menajemen itu sendiri tidak
pernah terlepas dari 4 hal ini di antaranya adalah:P,O,A,C. Yaitu:
- PLANING adalah perencanaan
- Organization adalah pengorganisasi
- Actuniety adalah penepatan sesuai prosedur
- Controling adalah pengawasan
Jadi sepintar apapun orang
dengan beragam title dan sarjana jika ia membuat organisasi maka ia tak akan
terlepas oleh 4 hal ini,karena ini selalu mencakupi untuk berjalannya roda
organisasi itu sendiri.dan begitu banyak sekali macam-macam definisi organisasi
itu sendiri dan saya hanya menjelaskan define umum organisi dari orang yang
termuka diantaranya adalah :
Definisi organisasi:
Definisi organisasi:
- Menurut chester I bernand(suatu system kegiatan bersama antar 1 orang dan lebih daro 2 orang,sesuatu sifat yang tidak berwujud &tidak bersifat berseorangan dan sebagian besar mengenai hubungan)
- Menurut JOHN M.GOUS (tata hubungan antar orang-orang untuk untuk dapat memungkinkan tercapainya tujuan bersama dengan adanya pembagian tugas & dan bertanggung jawab atas tugasnya).
- Menurut JOMES D.MOONEY ( bentuk kerjasama manusia untuk pencapai tujuan bersama).
Dan organisasi itu juga
mempunyai pandangan diantaranya adalahsebagai pandangan wadah”tempat kegiatan
dilaksanakan,dan juga sebagai proses”yaitu hubungan formil dan informal,dan
sebagai system.
Organisasi sebagi wadah jadi wadah sebagai tempat pelaksanaan organisasi
tersebut
Orgabisasi sebagai proses adalah memperhatikan interaksi atau kerjasama antar anggota dalam organisasi dan proses di bagi menjadi 2 yaitu proses formal dan proses informal
Dan proses formaladalah organisasi pola hubungan yang ditetapkan secara resmi oleh top manejemen. Proses informal mempunyai 3 peranan yaitu:
Orgabisasi sebagai proses adalah memperhatikan interaksi atau kerjasama antar anggota dalam organisasi dan proses di bagi menjadi 2 yaitu proses formal dan proses informal
Dan proses formaladalah organisasi pola hubungan yang ditetapkan secara resmi oleh top manejemen. Proses informal mempunyai 3 peranan yaitu:
1. untuk saran komunikasi
2. untuk engatur kerjasama
3. untuk memelihara kebebasan dalam bertindak
Organisasise bagai system sosial suatu system antar
hubungan sesame manusia
Sebagai system fungsional => antar fungsi fungsi yang
dikaitkan secra tertentu & integral untuk mencapai tujuan organisasi
Komunikasi yakni tata salura antar arus informasi dalam
organisasi
Bagaimana sebuah organisasi bisa dikatakan baik?
Organisasi yang baik bisa di katakan organisasi yang terorganisir, organisasi
yang mempunyai visi dan misi atau tujuan yang jelas, organisasi yang mempunyai
perencanaan yang matang,organisasi yang mempunyai kreatifitas dan inofatif
dalam membuat perencanaan,organisasi yang bisa berkembang sesuai dengan tujuan
dan visi misi yang sudah menjadi kesepakatan. Sekarang ini banyak organisasi
yang gagal. Ini karena hal-hal diatas tidak terpenuhi.
Kerja sama merupakan salah satu kunci keberhasilan.
Kerjasama yang baik bisa menjadi awal sebuah organisasi bisa berjalan dengan
lancar dan baik,di samping itu juga perlu adanya komunikasi yang baik pula. Tanpa
ada kerjasama dan komunikasi yang baik,sebuah organisasi tidak akan bisa
bertahan lama, Jika hal-hal itu tidak terpenuhi maka organisasi tidak akan
berjalan dengan baik.
Bentuk Organisasi Niaga
Dalam pembahasan ini saya akanmembahas bentuk
organisasi Niaga yaitu Perseroan Terbatas (PT), Perseroan Terbatas (PT), adalah
suatu persekutuan untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari
saham-saham, yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya.
Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat diperjualbelikan, perubahan
kepemilikan perusahaan dapat dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan. PT
dipimpin oleh direksi, Sedangkan pegawainya berstatus sebagai pegawai swasta
Perseroan terbatas merupakan badan usaha dan besarnya
modal perseroan tercantum dalam anggaran dasar. Kekayaan perusahaan terpisah
dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan sehingga memiliki harta kekayaan
sendiri. Setiap orang dapat memiliki lebih dari satu saham yang menjadi bukti
pemilikan perusahaan. Pemilik saham mempunyai tanggung jawab yang terbatas,
yaitu sebanyak saham yang dimiliki. Apabila utang perusahaan melebihi kekayaan
perusahaan, maka kelebihan utang tersebut tidak menjadi tanggung jawab para
pemegang saham. Apabila perusahaan mendapat keuntungan maka keuntungan tersebut
dibagikan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Pemilik saham akan
memperoleh bagian keuntungan yang disebut dividen yang besarnya tergantung pada
besar-kecilnya keuntungan yang diperoleh perseroan terbatas.
Selain berasal dari saham, modal PT dapat pula berasal
dari obligasi. Keuntungan yang diperoleh para pemilik obligasi adalah mereka
mendapatkan bunga tetap tanpa menghiraukan untung atau ruginya perseroan
terbatas tersebut.
Untuk mendirikan PT, harus dengan menggunakan akta
resmi ( akta yang dibuat oleh notaris ) yang di dalamnya dicantumkan nama lain
dari perseroan terbatas, modal, bidang usaha, alamat perusahaan, dan lain-lain.
Akta ini harus disahkan oleh menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik
Indonesia (dahulu Menteri Kehakiman). Untuk mendapat izin dari menteri
kehakiman, tentunya juga harus memenuhi syarat-syarat
Visi
: Untuk menjadi yang terdepan dalam memenuhi kepuasan Mitra Usaha / Klien.
Misi
: Memberikan pelayanan terbaik kepada Mitra Usaha dengan sistem yang
terintegrasi
untuk
meningkatkan Sumber Daya Manusia kami sebagai tenaga terlatih yang
profesional
sehingga mampu untuk bersaing didunia internasional.
Struktur Organisasi
Dengan melakukan pemilihan serta penentuan struktur
organisasi yang tepat dan sesuai dengan situasi dan kondisi dalam perusahaan
maka pencapian tujuan perusahan akan lebih terarah. Selain itu denga struktur
organisasi yang jelas dan baik maka akan dapat diketahui sampai dimana wewenang
dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seseorang dalam menjalankan tugasnya.
Dalam menjalankan aktivitas usahanya, PT menerapkan struktur organisasi
fungsional dimana organisasi menurut fungsi menyatukan semua orang yang
terlibat dalam satu aktivitas yang disebut fungsi dalam satu group.
Bentuk Fungsional
Ciri–ciri: Bawahan mendapat perintah dari beberapa
pejabat yang masing-masing menguasai suatu bidang keahlian tertentu dan
bertanggung jawab sepenuhnya atas bidangnya. Pada bentuk ini pimpinan
mempercayakan sepenuhnya kepada para ahli dalam bidang masing-masing.
Kebaikan :
- Bidang pekerjaan khusus diduduki oleh seorang ahli yang memungkinkan bekerja atas dasar keahlian dan kecintaan akan tugasnya.
- Tanggung jawab atas fungsinya terjamin.
Keburukan :
- Koordiansi sulit dilaksanakan
- Dapat menimbulkan dispersonalisasi
- Keahlian memimpin kurang dapat dijamin
- Atas kesatuan komando sulit dilaksanakan
Adanya Strukrur Organisai pada perusahaan merupakan manifestasi dan
cerminan dari kekuatan manajemen SDM perusahaan dalam mencapai Visi dam Misi
bisnis perusahaan. Struktur organisasi perusahaan yang tepat, efektif,
dan efisien akan memberikan jaminan kinerja perusahaan yang tinggi, demikian
pula sebaliknya. Jika desain struktur organisasi tidak optimal, akan
mengakibatkan efek yang berkepanjangan terhadap lemahnya kinerja organisasi
perusahaan, meskipun sekarang setiap organisasi sudah maju tetap saja perusahaan
harus memiliki struktur organisasi. Agar organisasi dapat terkontrol.
0 comments:
Post a Comment