Kolaborasi antar-muka otomatif multimedia merupakan sebuah
hubungan antara multimedia yang ada dengan interface/antarmuka dalam dunia
transportasi(menurut saya sendiri). Mengapa demikian ? Karena pada pengertian
pola dasar kata tersebut mengarah pada kolaborasi yang artinya adalah hubungan
atau sebuah penggabungan. Lalu terdapat kata otomotif yang berarti sebuah ilmu
yang mempelejari tetntang alat-alat transportasi darat yang menggunakan
mesin(wikipedia) dan terdapat pula kata antar-muka yang berarti sebuah
interaksi pengguna. Maka dapat disimpulkan bahwa Kolaborasi antar-muka otomatif
multimedia adalah segala hal yang berhubungan dengan interface/antarmuka &
multimedia dalam dunia transportasi.
Kolaborasi Antarmuka otomotif multimedia adalah sebuah
organisasi yang dibentuk untuk menetapkan standarisasi yang digunakan untuk
mengatur bagaimana perangkat elektronik dapat bekerja seperti komputer &
alat komunikasi pada kendaraan, sehingga alat-alat elektronik tersebut dapat
bekerja dengan baik dan sesuai dengan kendaraan. Karena belum tentu alat-alat
elektronik tersebut sesuai(compatible) dengan setiap kendaraan(mobil) oleh
karena itu diperlukan standar agar perangkat elektronik tersebut tidak
mengganggu kerja sistem mobil. Dengan begitu pengguna kendaraan akan
menggunakan sebuah sistem komputer di kendaraan yang sudah di lengkapi dengan
teknologi ini, seperti penggunaan GPS atau hal semacamnya yang berhubungan
dengan teknologi.
- Sejarah AMIC
Dalam
bahasa Inggris dikenal dengan The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi
(AMIC) didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan
serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik
kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat
elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang pendiri Daimler-Chrysler,
Ford, General Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok semua auto utama
pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai
suatu set umum industri mobil.
Untuk
berbagai alasan, kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat
komputasi mobile ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan,
kehandalan, biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil
‘menunda penerimaan teknologi baru. Makalah membahas otomotif standar untuk
antarmuka multimedia. Organisasi seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia
Interface (AMI-C) memiliki kesempatan untuk menjadi kekuatan pendorong di
belakang upaya standardisasi.
- Arsitektur Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia
- AMI-C 3023 Power Management Specification
- AMI-C 3013 Power Management Architecture
- AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power Management
- AMI-C 3034 Power Management Test Documents
- AMI-C 4001 Revision Physical Speci .cation.
- Struktural Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia Automotive Multimedia Interface
Kolaborasi
(AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga update internasional briefing
untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan teknologi tinggi industri
elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di Frankfurt, Jerman; Februari
29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit.
“AMIC
telah membuat suatu kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini
dalam menyelesaikan struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai
persyaratan yang diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan
mobil dan truk,” Jurubicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah
saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk
menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan
kita bersama-sama.“
Acton
menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis
elektronik. AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh
12 produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi: BMW, DaimlerChrysler,
Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen,
Renault, Toyota, dan VW. Seorang juru bicara mengatakan kelompok AMIC berencana
untuk mendirikan sebuah kantor di San Francisco di masa depan
4. Fungsional Kolaborasi Antarmuka Otomotif
Multimedia (AMIC)
Telematika
Automotive
Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) adalah mengembangkan dan
standarisasi yang umum multimedia dan telematika otomotif untuk kendaraan
antarmuka jaringan komunikasi.
Tujuan utamanya adalah
untuk:
·
Menyediakan interface standar untuk memungkinkan
pengendara mobil untuk
menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi – dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi – dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
·
Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan
sistem elektronik kendaraan.
·
Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan
dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan
memperpendek waktu pengembangan – industri otomotif efektif terdiri dari banyak
pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai
adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
·
Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk
informasi interface
dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.
5.
Kelebihan
dan Kekurangan dari Kolaborasi Antarmuka Otomotif
Multimedia
Kelebihan
:
Menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara
mobilØ untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi –
dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju /
mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk
dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk
infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan
diagnostik input / output.
Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem
elektronik kendaraan. Ø
Memotong
biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburanØ dengan
meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan –
industri otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap
platform kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan
platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
Menawarkan
standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan
antara kendaraan dan dunia luar. Ø
Kekurangan
:
Dengan
system AMIC ini harga jual dari kendaraan yang terdapat pada system ini pasti
di jual dengan harga mahal.
0 comments:
Post a Comment