Pages

Sunday, October 7, 2012

Tugas ISD BAB III

INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

1.  PENGERTIAN INDIVIDU
            Individu berasal dari kata latin, “individuum” yang artinya yang tak terbagi. Kata individu merupakan sebutan yang dapat untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas, bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tak dapat dibagi melainkan sebagai kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan.

2.  PENGERTIAN KELUARGA
         Keluarga merupakan manifestasi dari pada dorongan seksual sehingga landasan keluarga itu adalah kehidupan seksual suami istri. Kehidupan seksual manusia itu berubah-ubah dari masa ke masa, dari umur ke umur, dari keadaan yang satu ke keadaan yang lain. Oleh karena itu, apabila keluarga ini benar-benar dibangun atas dasar hidup seksual, maka keluarga itu akan lebih goyah terus dan akan segera pecah setelah kehidupan seksual suami istri itu hilang. Akan tetapi Ki Hajar Dewantara berpendapat lain tentang itu, beliau berpendapat bahwa keluarga adalah kumpulan beberapa orang yang karena terikat oleh satu turunan lalu mengerti dan merasa berdiri sebagai satu gabungan yang hakiki, esensial, enak dan berkehendak bersama-sama memperteguh gabungan itu untuk memuliakan masing-masing anggotanya.


3.  PENGERTIAN MASYARAKAT
            Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, adat istiadat yang sama-sama ditaati dalam lingkungannya. Tatanan kehidupan, norma-norma yang mereka miliki itulah yang menjadi dasar kehidupan sosial dalam lingkungan mereka, sehingga dapat membentuk suatu kelompok manusia yang memiliki ciri-ciri kehidupan yang khas. Dalam pertumbuhan dan perkembangan suatu masyarakat, masyarakat digolongkan menjadi 2 :
a.         Masyarakat Sederhana. Dalam lingkungan ini pola pembagian kerja cenderung dibedakan menurut jenis kelamin. Pembagian kerja dalam bentuk lain tidak terungkap dengan jelas, sejalan dengan pola kehidupan dan pola perekonomian masyarakat sederhana atau belum demikian rupa seperti pada masyarakat modern.
b.         Masyarakat Maju. Masyarakat ini memiliki aneka ragam kelompok sosial atau lebih akrab dengan sebutan kelompok organisasi kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang berdasarkan kebutuhan serta tujuan tertentu yang akan dicapai. Organisasi kemasyarakatan itu dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan terbatas sampai pada cakupan nasional, regional maupun internasional.



4.  HUBUNGAN ANTARA INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT
           
A.  MAKNA INDIVIDU
        Manusia merupakan suatu kesatuan jiwa raga yang kegiatannya sebagai keseluruhan, sebagai kesatuan. Kegiatan manusia sehari-hari merupakan kegiatan keseluruhan jiwa raganya. Bukan hanya kegiatan alat-alat tubuh saja atau hanya aktivitas dari kemampuan-kemampuan jiwa satu persatu terlepas dari pada yang lain. Jadi, manusia sebagai makhluk individu mengalami kegembiraan atau kecewa akan terpaut dengan jiwa raganya. Tidak hanya dengan mata, telinga, tangan, kemauan, dan perasaan saja. Dalam kegembiraannya manusia dapat mengagumi dan merasakan suatu keindahan, karena ia mempunyai rasa keindahan, rasa estetis dalam individunya. Kenyataan-kenyataan yang kita dapati dalam kehidupan sehari-hari setiap individu berkembang sejalan dengan cirri-ciri khasnya, walaupun dalam kehidupan lingkungan yang sama.

B.  MAKNA KELUARGA
        Keluarga adalah merupakan kelompok primer yang paling penting di dalam masyarakat. Keluarga merupakan sebuah group yang terbentuk dari perhubungan laki-laki dan wanita, perhubungan mana sedikit banyak berlangsung lama untuk menciptakan dan membesarkan anak-anak. Jadi, keluarga dalam bentuk murni merupakan satu kesatuan sosial yang mempunyai sifat-sifat tertentu yang sama, dimana saja dalam kesatuan masyarakat manusia.
          Berikut ini beberapa 5 macam sifat yang terpenting, yaitu :
1.      Hubungan suami istri.
2.      Bentuk perkawinan dimana suami istri itu diadakan dan dipelihara.
3.      Susunan nama-nama dan istilah-istilah termasuk cara menghitung keturunan.
4.      Memiliki harta benda keluarga.
5.      Mempunyai tempat tinggal bersama/rumah bersama.

C.  MAKNA MASYARAKAT
           Masyarakat harus mempunyai syarat-syarat sebagai berikut :
a.    Harus ada pengumpulan manusia dan harus banyak, bukan pengumpulan binatang.
b.    Telah bertempat tinggal dalam waktu yang lama dalam suatu daerah tertentu.
c.    Adanya aturan-aturan yang mengatur mereka untuk menuju kepada kepentingan dan tujuan bersama.
Di dalam hubungan antara manusia dengan manusia lain, yang penting ialah reaksi sebagai hubungan. Reaksi ini yang menyebabkan hubungan manusia bertambah menjadi luas. Di dalam memberikan reaksi tersebut ada kecenderungan untuk menserasikan dengan tindakan orang lain.

0 comments:

Post a Comment