Pages

Wednesday, October 10, 2012

Tulisan ISD BAB II



MENGETAHUI HUBUNGAN ANTARA PENDUDUK  MASYARAKAT DENGAN KEBUDAYAAN


Akibat dari banyaknya jumlah penduduk di Indonesia adalah jumlah kemiskinan yang semakin meningkat dan bayaknya pengangguran dimana keduanya saling berkaitan satu sama lain. Pemerintah sekarang ini semakin sulit untuk tegas dengan salah satu penyebab kepadatan penduduk di Indonesia khususnya di ibu kota Negara kita, Jakarta. Urbanisasi penduduk dari desa ke kota yang sebagian besar tidak didasari oleh keahlian tertentu membuat orang – orang yang datang dari desa tersebut yang ingin bekerja di Jakarta berakhir sebagai penyumbang terbesar munculnya daerah slums di Jakarta yang mengakibatkan merusak keindahan ibu kota kita.
Hubungan antara masyarakat dan kebudayaan juga disebut dengan dwi tunggal. Hubungan dua yang terlahir dari suatu masyarakat dan kebudayaan yang akan tumbuh menjadi masyarakat. Seperti yang kita ketahui bahwa seorang individu tidak bisa bertahan hidup sendiri tanpa adanya bantuan orang lain, oleh sebab itu kita hidup saling berhubungan dengan masyarakat lain. Namun dalam hidup bermasyarakat selalu ada masalah yang akan kita hadapi.
               Setelah itu, muncul lah bermacam-macam teori atau pandangan. Misalnya saja pandangan yang mengemukakan bahwa pertambahan penduduk itu merupakan hasil dari keadaan sosial termasuk ekonomi, dimana orang saling berhubungan dan terkenal sebagai teori sosial tentang pertambahan penduduk. Namun ada juga yang berpendapat bahwa manusia itu dalam kehidupannya terkait dengan daerah dimana mereka hidup. Oleh karena itu penduduk itu bertambah karena kelahiran lebih besar dari kematian, sehingga tingkat kelahiran lebih besar dari tingkat kematian. Ini disebabkan karena manusia sebagai mahluk hidup akan selalu berusaha agar mempunyai keturunan dan memperjuangkan hidupnya untuk dapat hidup panjang.

         Pertumbuhan penduduk memiliki faktor yang sangat penting dalam hal ekonomi dan penduduknya. Karena di samping itu berpengaruh terhadap jumlah, komposisi sosial ekonomi suatu daerah. Dalam dinamika penduduk juga menunjukkan adanya pertumbuhan dalam hal jumlah penduduk, dinamika penduduk juga bisa di artikan sebagai gerak laju masyarakat. Maksudnya gerak laju yaitu pertambahan penduduk. Pertambahan penduduk tidak lain karena adanya lahir, mati, datang dan pergi dari penduduk itu sendiri. Pertambahan penduduk alami diperoleh dari selisih kelahiran dan kematian . Unsur penentu dalam pertambahan penduduk adalah tingkat fertilitas dan mortalitas. Akibat dari banyaknya jumlah penduduk di Indonesia adalah jumlah kemiskinan yang semakin meningkat dan bayaknya pengangguran dimana keduanya saling berkaitan satu sama lain. Pemerintah sekarang ini semakin sulit untuk tegas dengan salah satu penyebab kepadatan penduduk di Indonesia khususnya di ibu kota Negara kita, Jakarta. Urbanisasi penduduk dari desa ke kota yang sebagian besar tidak didasari oleh keahlian tertentu membuat orang – orang yang datang dari desa tersebut yang ingin bekerja di Jakarta berakhir sebagai penyumbang terbesar munculnya daerah slums di Jakarta yang mengakibatkan merusak keindahan ibu kota kita.
               Dalam tema ini juga disebutkan tentang sensus penduduk. Sensus penduduk yang dilakukan 10 tahun sekali ini bukan hanya mendata penduduk saja namun mendata umur para penduduk, jenis kelamin penduduk, tingkat pendidikan penduduk, jenis mata pencaharian dan seterusnya.
               Setelah itu saya lebih mengetahui tentang budaya-budaya yang ada. Ada budaya Hindu, Budha, Islam dan Barat. Anak muda jaman sekarang lebih senang dengan budaya barat, mereka menganggap budaya barat lebih keren dari pada budaya kita sendiri. Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
            Disamping norma-norma yang tidak tertulis dan bersifat informal, ada juga norma yang sengaja diciptakan secara formal dalam bentuk peraturan – peraturan hukum. Setiap norma, baik usage, folkways,costom ataupun peraturan hokum yang tertulis, mengikat setiap anggota untuk mematuhinya, hanya saja kekuatan pengikatnya berbeda.
Kebudayaan merupakan hasil budi daya manusia, ada yang mendefinisikan sebagai  semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Karya manusia menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan, sedangkan rasa mewujudkan segala norma dan nilai untuk mengatur kehidupan dan selanjutnya merupakan kemampuan berpikir, kemampuan mental yang menghasilkan filsafat dan ilmu pengetahuan.
Kebudayaan bisa terlahir, tumbuh, dan berkembang dalam suatu masyarakat, sebaliknya tidak ada suatu masyarakat yang tidak didukung oleh kebudayaan. Jadi, hubungan antara masyarakat dan kebudayaan merupakan hubungan yang saling menentukan.
         Pada akhirnya terdapat konsepsi tentang kebudayaan manusia yang memberi gambaran bahwa hanya manusia saja yang mampu berkebudayaan/menghasilkan kebudayaan dan sebaliknya tak ada kebudayaan tanpa manusia. Sudah sepatutnya kita sebagai rakyat Indonesia bersyukur akan kekayaan budaya yang kita miliki. Masalah yang sempat timbul belakangan ini adalah diakuinya beberapa budaya kita oleh Negara tetangga dimana rakyat tiba – tiba saja bersatu dan marah karena hal tersebut, padahal bila di lihat ke belakang masalah ini tidak akan terjadi bila rakyat Indonesia menjaga dan memelihara budaya itu sendiri yang mana hal tersebut sungguh disayangkan. Namun belakangan ini kaum remaja sudah banyak berkreasi dan membuat budaya Indonesia yang dulunya di anggap kuno dan memebosankan menjadi sesuatu hal yang keren tanpa meninggalkan makna dan arti dari budaya tersebut.

0 comments:

Post a Comment