Pages

Wednesday, October 10, 2012

Tulisan ISD BAB I



MANFAAT DARI PEMBELAJARAN MATA KULIAH DASAR UMUM


ISD bagian dari MKDU dapat memberikan wawasan pada perguruan tinggi saat ini. Wawasan tersebut dapat berupa pengetahuan budaya dan sosial. Perguruan tinggi saat ini mengharapkan adanya lulusan mahasiswa yang memiliki kemampuan akademis, professional, dan personal untuk ke masa yang akan datang.
Tujuan dari adanya mata kuliah dasar umum adalah sebagai usaha membantu perkembangan kepribadian seorang mahasiswa agar mampu berperan di dalam anggota masyarakat, kemudian supaya mahasiswa bisa lebih peka terhadap masalah-masalah dan kenyataan-kenyataan sosial yang selalu tumbuh dalam masyarakat, dan mahasiswa diberikan kemampuan dasar supaya bisa berfikir secara interdisipliner.
Kemudian setelah itu saya jadi lebih mengetahui apa saja materi yang akan diberikan dosen kepada mahasiswanya, selain di mata kuliah dosen juga membantu kepribadian seorang mahasiswa untuk berperan dalam masyarakat supaya bisa jadi lebih baik lagi, selain itu juga supaya mahasiswa agar bisa lebih peka terhadap masalah dan kenyataan-kenyataan yang ada yang akan kita hadapi di dalam suatu masyarakat. Dalam pembelajaran mata kuliah ini dijelaskan bahwa agar supaya kita dapat berfikir secara interdispliner dan lebih mengerti pemikiran para ahli untuk lebih mudah berkomunikasi dengannya.
Dalam mata kuliah ini ada tujuan khusus untuk menghasilkan sarjana yang baik dan itu bisa kita contoh supaya kita bisa jadi warga negara yang bisa dicontoh oleh masyarakat di sekitar.  Kita juga di ajarkan supaya bisa memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi permasalahan kehidupan baik sosial, politik maupun pertahanan keamanan dan memiliki wawasan budaya yang luas supaya mampu meningkatkan kualitasnya. Saya sebagai mahasiswa harus melestarikan budaya indonesia supaya budaya di negara kita tidak di rebut oleh negara tetangga.

Dalam mata kuliah dasar umum diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai banyak pengetahuan luas yaitu kemampuan akademis, kemampuan profesional dan kemampuan personal.
Tema dari ISD sebagian dari MKDU adalah hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannya. Dapat diketahui bahwa kita manusia tidak bisa hidup sendiri, kita butuh bantuan orang lain, jika kita hidup sendiri kita tidak akan bisa berbuat apa-apa.
Ilmu sosial dasar dapat juga di artikan sebagai usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi , dan penalaran mahaiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan  sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkugnan sosialnya dapat menjadi lebih besar.
Adapun tujuan dari ilmu sosial dasar yaitu membantu kepekaan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas. Maksudnya adalah ilmu sosial dasar dapat membantu kita supaya kita bisa lebih peka terhadap wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar bisa lebih  dapat memperoleh wawasan yang luas. Sebagai mahasiswa kita memang harus mempunyai wawasan yang luas supaya kita bisa menjadi orang yang berguna dan menjadi contoh yang baik di dalam masyarakat.
Ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari setiap mahasiswa di Indonesia adalah dengan mempunyai sifat yang lebih baik lagi dari sebelumnya, seorang mahasiswa sebaiknya bisa lebih memberi contoh kepada masyarakat bahwa dengan menjadi anggota terpelajar kita bisa menjadi lebih baik, kita juga harus memberi contoh yang baik kepada orang-orang yang tidak bisa merasakan bagaimana duduk dibangku sekolah atau bangku perkuliahan.
Sebagai mahasiswa yang mempunyai kepribadian yang baik kita juga harus melestarikan budaya yang ada di Indonesia.Dalam mata kuliah dasar umum ini juga dijelaskan tentang masalah sosial. Biasanya masalah sosial itu timbul di dalam masyarakat dan terlibat dalam kenyataan-kenyataan sosial antara satu dengan yang lain. Kemudian kita juga diharapkan agar bias mempelajari dan memahami berbagai masalah-masalah yang timbul di dalam masyarakat dan mencari solusinya supaya masalah yang timbul berdampak positif. Jadi, adanya ISD sebagai MKDU pada mahasiswa itu sangat penting agar mahasiswa mengetahui apa saja masalah sosial dan bagaimana mengatasinya serta bagaimana menghormati suatu peraturan sosial. Pemberian materi dasar umum ini juga diberikan sejak dini melalui keluarga, seperti mengajarkan sopan santun pada orang dewasa.

0 comments:

Post a Comment